seminar

LPPKB GELAR SEMINAR

PERAN PENDIDIKAN MEWUJUDKAN DEMOKRASI.

03 November 2001

Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Kehidupan Bernegara (LPPKB), sebuah organisasi sosial kemasyarakatan independen, Sabtu, 3 Nopember 2001 di Graha Kencana mulai pukul 08.00 akan menggelar seminar bertema ‘Mewujudkan Demokrasi Melalui Pendidikan’. Seminar tersebut merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang faham akan makna demokrasi dan mampu melaksanakannya, faham akan HAM dan mampu memperjuangkan serta menerapkannya dan faham akan hukum dan mampu menegakkannya.

Ir.Pranowo, Ketua Panitia Pengarah (SC) didampingi Ketua Pelaksana (OC) Sis Hendarwati dalam pertemuan pers, Kamis, menjelaskan LPPKB didirikan dilatar belakangi semangat pengabdian kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, keinginan untuk turut serta merealisasikan amanat rakyat sebagaimana tertuang dalam Tap MPR-RI dalam era reformasi serta dipacu oleh keprihatinan yang mendalam atas terancamnya norma kehidupan dalam masyarakat sebagai dampak negatif dari euphoria kebebasan dan keterbukaan.

Dengan visi “Turut serta membangun masyarakat Indonesia yang religius, bebas, maju, berakhlak mulia, berbudipekerti luhur, bertanggung jawab, dinamis dan kreatif, dengan misi “Turut serta melaksanakan ‘nation and character building’, LPPKB bertekad menyumbang- kan andilnya mewujudkan warganegara yang berwawasan kebangsaan berkadar tinggi.

Untuk mendukung visi dan misi tersebut, Penanggung Jawab Program Seminar LPPKB, Prof.Sunarti Sudomo, MD Ph.D, berkata LPPKB akan dan telah melakukan berbagai kegiatan pengkajian bersama beberapa lembaga pendidikan tinggi yang bertujuan mewujudkan warganegara yang berwawasan kebangsaan berkadar tinggi.

Tampil sebagai pembicara pada Seminar yang akan dihadiri 200 peserta, tokoh-tokoh di bidang pendidikan yaitu: Prof.DR.Conny Semiawan dengan topik Kurikulum Pendidikan dalam Mewujudkan Demokrasi; Soeprapto M.Ed. membawakan topik Merealisasikan Demokrasi Melalui Pendidikan Tinggi. Sedangkan topik Peran LSM dalam mendukung Pelaksanaan Demokrasi akan disampaikan Dra.Dewi Motik Pramono; Dra.Soemarni MPA, salah seorang Deputy Menteri Pemberdayaan Wanita akan membawakan makalah tentang Merealisasikan Demokrasi dalam Program Jender dan DR.Arief Rachman, praktisi pendidikan, akan membawakan topik Menciptakan Demokrasi dalam Sistem Pendidikan.

Dalam seminar yang sangat padat tersebut diharapkan dapat diserap masukan lisan maupun tertulis dari peserta. Pada kesempatan tersebut pihaknya sangat menghargai usulan perlu diterbitkannya komik atau buku sebagai bacaan ringan tentang arti demokrasi yang disajikan sesuai usia pembacanya.

Explore posts in the same categories: Uncategorized

One Comment on “seminar”

  1. Halra Says:

    seminar seminar sekarang banyak dipakai untuk bisnis, tidak murni untuk menambah ilmu pengetahuan, tapi jika seminarnya gratis sih gak maslah, iya to? toh nambah jug ilmu nya walaupun sedkit


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: